Teknik Menghitung Break Even Point Pada Akuntansi

- 15.36

Teknik Menghitung Break Even Point Pada Akuntansi

 
Teknik Menghitung Break Even Point Pada Akuntansi
Teknik Menghitung Break Even Point Pada Akuntansi - Hai, Pembaca kami yng budiman. Pada goresan pena di artikel ini Ide Peluag Usaha akan menyajikan wacana Break Even Point ataupun istilahnya balik modal. Jadi arti kata Break Even Point (BEP) secara akademis adalah titik impas dimana posisi jumlah pendapatan serta biaya percis ataupun seimbang menjadikan tak terdapat keuntungan maupun kerugian dalam suatu perjalanan bisnis.
Penggunaan Break Even Point ini umumnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk menganalisa proyeksi sejauh mana banyaknya jumlah unit yng diproduksi ataupun sebanyk apa uang yng Perlu diterima bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh titik impas ataupun kembali modal.
Break Event Point memerlukan komponen penghitungan dasar semisal yang akan di sajikan kali ini :
  1. Fixed Cost. Komponen ini adalah biaya yng tetap ataupun konstan andai adanya tindakan produksi ataupun meskipun perusahaan tak berproduksi. Semisal biaya ini yakni biaya tenaga kerja, biaya penyusutan mesin, serta lain- lain.
  2. Variabel Cost. Komponen ini adalah biaya per unit yng sifatnya dinamis bergantung dari tindakan volume produksinya. Andai produksi yng direncanakan meningkat, berguna variabel cost pasti akan meningkat. Semisal biaya ini yakni biaya bahan baku, biaya listrik, serta sebaginya.
  3. Selling Price. Komponen ini merupakan harga jual per unit barang ataupun jasa yng sudah diproduksi.

Rumus yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk analisis Break Event Point ini terdiri dari dua jenis menjdai berikut:
  • Dasar Unit Berapa unit jumlah barang/jasa yng Perlu diperoleh bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendapatkan titik impas: BEP = FC /(P-VC).
  • Dasar Penjualan Berapa rupiah nilai penjualan yng Perlu diterima bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendapatkan titik impas: FC/ (1 – (VC/P))* Penghitungan (1 – (VC/P)) biasa pun disebut yang dengannya istilah Margin Kontribusi Per Unit.
Teknik Menghitung Break Even Point Pada Akuntansi
Teknik Menghitung Break Even Point Pada Akuntansi / Pengusaha Muslim

Agar mampu memahaminya, mari kita praktikkan langsung rumus ini yang dengannya simulasi:
  • Total Biaya Tetap (FC) senilai Rp 100 juta Total Biaya Variabel (VC) per unit senilai Rp 60 ribu Harga jual barang per unit senilai Rp 80 ribu

  • Penghitungan BEP Unit

BEP = FC/ (P – VC) BEP = 100.000.000/ (80.000 – 60.000) BEP = Rp 5000
  • Penghitungan BEP Rupiah

BEP = FC/ (1 – (VC/P)) BEP = 100.000.000/ (1 – (60.000/80.000)) BEP = Rp 400.000.000
  • Dari analisis ini dia perusahaan bisa meramalkan keuntungan yng bisa diperoleh (target laba) didasari berapa penjualan minimumnya. Adapun rumus bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghitung target ini menjdai berikut:

BEP – Laba = (FC + Target Laba) / (P – VC)
  • Mari kita pelajari simulasi bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghitung target laba ini. Yang dengannya FC, VC, serta P yng percis yang dengannya semisal sebelumnya, perusahaan ini menargetkan laba sebesar Rp 80 juta per bulan.

BEP – Laba = (FC + Target Laba) / (P – VC) BEP – Laba = (100.000.000 + 80.000.000) / (80.000 – 60.000) BEP – Laba = 180.000.000 / 20.000 BEP – Laba = 9.000 unit ataupun BEP – Laba = Rp 720 juta (9000 unit x Rp 80.000)
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperlihatkan bahwasanya yang dengannya menjual 9.000 unit perusahaan akan memperoleh laba Rp 720 juta, mari kita periksa yang akan di sajikan kali ini: Penjualan Rp 720.000.000 FC Rp 100.000.000 Total VC (Rp 60.000 x 9000 unit) Rp 540.000.000 Total Biaya Rp 640.000.000 Laba Rp 80.000.000
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu dalam berbisnis serta menjalankan sebuah bentuk bisnis, tentunya analisis break event point Amat membantu pelaku usaha dalam memproyeksikan seberapa tidak sedikit barang yng Perlu diproduksi, serta perbandingannya yang dengannya uang ataupun pendapatan yng diterima dalam periode tertentu.
Nah, Pembaca yng kami cintai, Andai Kamu menjalankan sebuah usaha serta mempergunakan system akuntansi yng baik, BEP merupakan komponen yng Perlu ada dalam system yang telah di sebutkan. Lantaran yang dengannya adanya laporan Break Even Point ini akan membantu Kamu dalam menentukan langkah bisnis selanjutnya. Sekian dulu goresan pena Teknik Menghitung Break Even Poin Pada Akuntansi di artikel ini, mudah-mudahan berguna.
Andai Kamu terlewatkan yang dengannya goresan pena kami sebelumnya silahkan klik judul berikut ya, Tips Mencapai maupun meraih Berhasil Bebas Finansial.


Source Article and Picture : www.idepeluangbisnis.info

Seputar Teknik Menghitung Break Even Point Pada Akuntansi

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Teknik Menghitung Break Even Point Pada Akuntansi